Recent Post Cyber4rd :

Minggu, 11 Desember 2011

Tentang Larry Ellyson pendiri dan CEO Oracle Corporation!!

Lawrence Joseph “Larry” Ellison (lahir 17 Agustus 1944) adalah seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO Oracle Corporation, salah satu perusahaan perangkat lunak database terbesar di dunia. Bisa dibilang Larry Ellison lah yang membuat Oracle menjadi sebuah konsep Relational Database System yang dibutuhkan oleh berbagai industri di dunia seperti saat ini. Mulai menciptakan konsep database pada 1970, 40 tahun kemudian konsep yang ia kemukakan telah menjadi sebuah sendi penting dari industri-industri dunia serta berbagai macam bisnis yang ada pada saat ini. Pada 2011 ia adalah orang kelima terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi $ 39.500.000.000,-.


Pendahuluan

Pada awalnya, “Larry adalah pengusaha yang klasik, di seluruh setiap detail perusahaan,”kenang Tom Siebel, yang tidak asing dengannya, karena setelah menjadi top salesman di Oracle, kemudian mendirikan perusahaan senama, Siebel Systems, sebuah perusahaan kompetitor Oracle. “Larry membuat setiap keputusan, mengendalikan dewan direksi, menyetujui setiap kontrak penjualan yang besar. Bahkan sampai saat ini, ketika Oracle memiliki 40.000 karyawan dan sekitar $ 10 miliar dalam penjualan, dampak emosional Ellison masih sangat besar”.


Isi

Larry Ellison dilahirkan di New York City oleh Florence Spellman, yang menikah pada umur 19 tahun. Ayah biologis Ellison adalah seorang pilot Angkatan Udara US berdarah Italia-Amerika, yang ditempatkan di luar negeri. Setelah Larry Ellison divonis pneumonia pada usia sembilan bulan, ibunya memutuskan bahwa ia tidak akan mampu merawatnya secara memadai, dan mengatur agar ia diadopsi oleh bibi dan pamannya di Chicago. Lillian Spellman Ellison dan Louis Ellison mengadopsinya ketika dia berumur sembilan bulan. Lillian adalah istri kedua dari Louis Ellison, seorang Yahudi Rusia yang telah tiba di Amerika Serikat pada tahun 1905 Ellison tidak bertemu ibu kandungnya sampai dia berusia 48 tahun.

Ellison lulus dari Eugene Field Elementary School, Sekolah Dasar di sisi utara Chicago pada bulan Januari, 1958 dan melanjutkan ke Sullivan High School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore. Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur di Chicago Selatan di lingkungan Yahudi kelas menengah. Ellison mengingat ibu angkatnya sebagai pribadi yang hangat dan penuh kasih, berbeda dengan sifat keras yang dia warisi dari ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang mengadopsi nama Ellison untuk menghormati pulau dimana ia masuk ke Amerika Serikat, Ellis Island. Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah sederhana yang mencari sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya untuk menghilangkan selama depresi yang dialaminya.

Ellison adalah seorang mahasiswa cerdas namun lalai. Dia meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua, setelah tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibu angkatnya baru saja meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia masuk University of Chicago selama satu periode, di mana ia pertama kali bertemu dan merancang komputer. Pada tahun 1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara secara permanen. Selama tahun 1970, setelah bertugas sebentar di Amdahl Corporation, Ellison bekerja untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah database untuk CIA, yang ia beri nama “Oracle”.

Ellison terinspirasi oleh makalah yang ditulis oleh Edgar F. Codd pada sistem database relasional yang disebut “A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks”. Ia mendirikan cikal bakal Oracle Corp. tahun 1977, dengan nama Software Development Laboratories (SDL). Pada tahun 1979, perusahaan ini berganti nama menjadi Relational Software Inc, kemudian berganti nama menjadi Oracle setelah memiliki produk unggulan database Oracle. Dia telah mendengar tentang Sistem R database IBM, yang didasarkan pada teori Codd, dan Oracle ingin agar kompatibel dengan itu, tetapi IBM membuat hal ini mustahil dengan menolak untuk berbagi kode Sistem R. Rilis awal dari Oracle adalah Oracle 2; tidak ada Oracle 1. Nomor rilis ini dimaksudkan untuk menyiratkan bahwa semua bug telah bekerja dari versi sebelumnya.

Pada tahun 1990, Oracle melakukan PHK terhadap 10% (sekitar 400 orang) tenaga kerja karena masalah finansial. Krisis ini, yang hampir menyebabkan kebangkrutan Oracle, terjadi karena strategi pemasaran Oracle, “up-front”, di mana bagian penjualan mendesak pelanggan potensial untuk membeli sebanyak mungkin perangkat lunak ini sekaligus. Orang-orang penjualan kemudian membukukan nilai penjualan lisensi masa depan dalam kuartal saat ini, sehingga meningkatkan bonus mereka. Hal ini menjadi masalah ketika target penjualan masa depan tersebut kemudian gagal terwujud. Oracle akhirnya harus merevisi kembali pendapatannya dua kali, dan juga untuk menyelesaikan gugatan class action di luar pengadilan yang timbul dari perusahaan yang telah dianggap terlalu membesar-besarkan pendapatannya. Ellison kemudian mengatakan bahwa Oracle telah membuat “sebuah kesalahan bisnis yang luar biasa.”

Meskipun IBM mendominasi pasar mainframe database relasional dengan DB2 dan / produk SQL DS database, namun perusahaan tersebut tertunda untuk memasuki pasar database relasional pada UNIX dan sistem operasi Windows. Hal ini menjadi kesempatan untuk Sybase, Oracle, dan Informix (dan akhirnya Microsoft) untuk mendominasi sistem mid-range dan mikrokomputer.

Pada saat itu, Oracle tertinggal dari Sybase. Pada 1990-1993, Sybase merupakan perusahaan database paling cepat berkembang, tetapi segera jatuh karena korban penggabungan usaha. Sybase di tahun 1993 merger dengan Powersoft mengakibatkan hilangnya fokus pada teknologi database inti. Pada tahun 1993, Sybase menjual hak ke perangkat lunak database yang berjalan dibawah sistem operasi Windows untuk Microsoft Corporation, yang kini pasar di bawah nama “SQL Server.”

Pada tahun 1994, Software Informix menyalip Sybase dan menjadi saingan Oracle paling penting. Perang intens antara CEO Informix Phil White dan Ellison ada pada halaman depan berita Silicon Valley selama tiga tahun. Pada bulan April, 1997, Informix mengumumkan kekurangan pendapatan besar dan melakukan penyajian kembali pendapatannya; Phil White akhirnya mendekam di penjara, dan Informix diserap oleh IBM pada tahun 2000. Pada tahun 1997 itu juga, Ellison diangkat menjadi direktur di Apple Computer setelah Steve Jobs kembali ke perusahaan tersebut. Ellison mengundurkan diri pada tahun 2002, mengatakan bahwa ia tidak punya waktu untuk menghadiri rapat direksi yang penting dan formal.

Setelah Informix dan Sybase dikalahkan, Oracle menikmati tahun dominasi industri sampai munculnya Microsoft SQL Server pada akhir 90an dan akuisisi IBM terhadap Informix Software pada tahun 2001 untuk melengkapi database DB2 mereka. Hari ini kompetisi utama Oracle untuk lisensi database baru pada UNIX, Linux, dan sistem operasi Windows adalah dengan DB2 IBM, open source database MySQL, dan dengan Microsoft SQL Server (yang hanya berjalan pada Windows). DB2 IBM masih mendominasi pasar database mainframe.

Pada bulan April 2009, Oracle mengumumkan keinginannya untuk membeli Sun Microsystems setelah tarik-ulur dengan IBM dan Hewlett-Packard. Uni Eropa akhirnya menyetujui akuisisi oleh Oracle dari Sun Microsystems pada tanggal 21 Januari 2010 dan sepakat bahwa. “Akuisisi Oracle Sun memiliki potensi untuk merevitalisasi aset penting dan menciptakan produk baru yang inovatif”. Sebelum akuisisi dari Sun mencapai final, Sun dan Oracle memperkenalkan Sun Oracle Database Machine, yang diklaim sebagai mesin tercepat di dunia untuk semua jenis beban kerja database. Hari ini, Sun servers and storage, Oracle Real Application Clusters, Oracle Applications, Oracle Grid Computing, support untuk enterprise Linux, dan Oracle Fusion, adalah pemicu komitmen untuk inovasi dan hasil yang telah ditetapkan Oracle selama tiga puluh tahun.

Pada tanggal 9 Agustus 2010, Ellison mencela papan Hewlett-Packard untuk merekrut CEO Mark Hurd, menulis: “Dewan HP membuat keputusan personil terburuk sejak idiot di papan Apple dipecat Steve Jobs beberapa tahun lalu.” Ellison dan Hurd dekat teman pribadi -. Hurd sering bermain tenis di rumah Ellison. Kemudian pada tanggal 6 September Oracle merekrut Mark Hurd dan mengangkatnya menjadi Co-Presiden bersama Safra A. Catz. Ellison sendiri mempertahankan posisi CEO. Ellison memiliki saham di Salesforce.com, NetSuite, Quark Inc Bioteknologi dan SuperGen.


Penutup

Bill Gates (Microsoft), sang pesaing abadi, merupakan karakter yang terdekat kemiripannya seperti Ellison, memiliki cofounded perusahaannya pada tahun 1975. Tetapi Gates menjauh dari operasi sehari-hari pada bulan Januari 2000, menyerahkan pekerjaan CEO untuk Steve Ballmer sementara tetap mempertahankan gelar ketua. Scott McNealy (Sun Microsystems), yang teerkadang menjadi mitranya, dan Steve Jobs (Apple Computer), teman Ellison, juga memiliki kemiripan. Namun, McNealy tidak menjadi chief executive Sun segera. Dan masa Jobs di Apple terputus ketika dia digulingkan dalam mendukung John Sculley, meskipun ia kemudian kembali. Jadi hanya Ellison yang berdiri sendiri dalam memiliki mendirikan dan terus menjalankan Oracle Corp. selama 26 tahu.

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Galaxy-Zone 7 © 2008. Design by :Templates Sponsored by: Tuto Comment
x

join to my fans at facebook