Recent Post Cyber4rd :

Selasa, 13 September 2011

Tips meremote komputer dirumah dari tempat lain

Sangat menyenangkan bukan jika bisa membuka komputer yang ada dirumah dari kampus atau sekolah? kita bisa mengambil file yang ketinggalan. kita juga bisa menaruh file di sana. bahkan bisa juga menjalankan program yang diinstal di rumah. pokoknya seolah-olah pakai komputer rumah. Dikantor-kantor, Remote Desktop di pakai untuk membetulkan komputer yang error. orang divisi TI tidak perlu bangun dari tempat duduknya untuk memperbaiki komputer yang error. dia cukup mengakses komputer orang itu dari komputernya, utak-atik, beres deh masalahnya.
kita butuh sebuah aplikasi untuk itu. namanya Remote Desktop. itu adalah sebuah program yang bisa menghubungkan anda dengan komputer di tempat lain lewat internet atau jaringan. pada keluarga Windows, aplikasi ini sudah terinstal, meski belum aktif secara otomatis. kita harus hidupkan dulu ketika mau pakai. di artikel Remote Desktop yang di pakai miliknya Windows 7. asal tahu saja, Remote Desktop hanya ada di Windows 7 Professional, Ultimate, atau Enterprise.
Remote Desktop di Windows 7 punya fitur baru. misalnya, mendukung Aero dan bisa dipakai di komputer dengan monitor lebih dari satu. selain itu, kemampuan multimatedia Remote Desktop baru ini juga ditingkatkan. Remote Desktop pada Windows 7 juga sudah bisa baca clipboard. jadi enggak perlu share dulu untuk menyalin file dari komputer yang kita pakai ke komputer nun jauh di sana. kita tinggal copy-paste saja, seperti menyalin file dari komputer ke USB flash disk. Nah penasaran kan.
Berikut ini cara menggunakan Remote Desktop untuk mengakses komputer dirumah meski sedang berada di luar.
  1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada Computer lalu klik Properties
  2. Klik Remote settings yang ada disebelah kiri
  3. Muncul Jendela System Properties. pada tab Remote, perhatikan dikotak Remote Dekstop. aktifkan Allow connection only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication (more secure). Klik OK
  4. Kemudian tentukan siapa saja yang boleh mengakses. klik “Select User” lalu klik “Add”. masukkan akun pengguna yang ada di komputer. di komputer yang penulis pakai untuk remote desktop ini ada akun bernama “blue” ketikkan “blue’ lalu klik “Check Names” klik “OK” dan klik “OK” lagi. Klik “OK” juga pada kotak System Properties
  5. Langkah selanjutnya yaitu memakai Remote Desktop. Klik tombol “Start” lalu ketikkan “remote desktop” tanpa tanda petik. klik “Remote Desktop Connection”
  6. Muncul jendela Remote Desktop Connection. Klik tombol “Option”
  7. Pada tab General, isikan alamt IP komputer yang akan diakses di bagian Computer. pada bagian user name, masukkan nama pengguna dengan format “nama_komputer\user”– tanpa tanda petik. contohnya “blue-PC\blue”
Masuk pada tab Experience. Sesuaikan koneksi yang anda pakai. kalau dalam sebuah jaringan lokal, pilih “LAN” untuk mendapatkan koneksi yang cepat Anda juga bisa menyimpan pengaturan Remote Desktop supaya tidak perlu mengatur ulang kalau mau pakai. Di tab Genaral, klik tombol “Save As…” simpan dengan file bertipe RDP. Klik dua kali file itu kalau mau pakai.
OK, berhasil!
Jika anda tidak tahu alamat IP anda bisa mencari tahu nya melalu www.whatismyipaddress.com. kunjungi situs tersebut lihat angka yang muncul setelah kalimat “Your IP address is”. itulah alamat IP anda.





0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Galaxy-Zone 7 © 2008. Design by :Templates Sponsored by: Tuto Comment
x

join to my fans at facebook