Recent Post Cyber4rd :

Minggu, 04 September 2011

Cara Menampilkan Kembali Folder Yang dihidden Virus


Virus memang sangat menyebalkan. Apalagi belakangan ini banyak virus yang mempunyai efek lumayan menjengkelkan, yaitu menyembunyikan folder beserta file-file yang ada didalamnya. Walaupun kita sudah bisa membereskan atau menghilangkan virus tersebut, biasanya efeknya yang ditimbulkan tidak bisa pulih 100%. Salah satunya adalah folder yang telah dihidden oleh Virus tersebut tidak secara otomatis tampil kembali. Oleh karena ini, maka kita sendiri yang harus mengembalikan atribut folder tersebut agar tidak dalam status hidden. Mudahnya berbagai jenis virus masuk memang tidak terlepas dari lemahnya pengamanan pada komputer kita.
Kemungkinan virus itu datang dari flash disk yang selalu digunakan anak-anaknya yang sering nongkrong di warnet untuk mencari lagu-lagu favoritnya untuk didownload. Secara tidak sengaja anaknya ini mungkin membawa serta virus ke rumahnya. Nah giliran saya menggunakan flash disk di komputernya yang memang sudah terjangkit virus ini, langsung saja semua file saya yang ada di flash disk pun ikut diserang.
Semua folder di dalam flash disk saya disembunyikan oleh virus dan diganti dengan folder palsu yang apabila di klik akan muncul pesan “Problem With Shortcut” dan kita diminta untuk menghapus folder tersebut.
Sebenarnya folder tersebut memang bukan folder asli jadi langsung dihapuspun tidak berpengaruh terhadap file asli kita.

Folder palsu yang dibuat virus bentuk tampilannya seperti gambar berikut :
Dari folder palsu bernama “belajar photoshop” tersebut yang ada di dalam flash disk tidak berarti apa-apa, hanya mengelabui kita agar kita merasa file kita sudah hilang semuanya sehingga kita seakan-akan dipaksa untuk memformat flash disk kita, dengan demikian semua file kita yang ada di flash disk akan ikut hilang.
Perhatikan perbedaan folder ASLI dan folder PALSU agar dalam menghapus tidak melakukan kesalahan, yang perlu dihapus adalah folder palsu.
Setelah mendapatkan masalah di atas dan setelah kembali ke rumah, saya membereskan virusnya di laptop saya.
Pada laptop saya sudah terpasang antivirus Avast yang sudah terupdate secara otomatis setiap hari sehingga apabila ada virus seperti ini langsung di cut oleh antivirus avast.
Namun semunaya tidak hanya sampai di sini, semua file yang di sembunyikan virus tadi belum bisa kembali secara otomatis, kita harus mengembalikannya secara manual.
Begini cara menampilkan kembali folder-folder yang disembunyikan virus tadi, namun sebelumnya hapus dulu semua folder palsu yang dibuat virus, atau boleh juga setelah mengembalikan folder asli  barulah menghapus folder palsu.
Untuk menampilkan kembali folder yang terhidden tadi jalankan Command Prompt dengan cara:

1.klik Start – All Programs – Accessories – Command Prompt kemudian pindah ke drive dimana flash disk berada, sebagai contoh flash disk saya berada di drive H maka dari prompt drive C:\Documents and settings\user> ketik H: kemudian tekan ENTER. Apabila flash disk anda di drive E maka ketik E: kemudian tekan ENTER.
Selanjutnya ketikan perintah seperti dalam gambar berikut :
Akhiri perintah tersebut dengan menekan tombol ENTER dan tunggu hingga proses menampilkan kembali folder yang disembunyikan virus tadi selesai.

Folder yang hilang tadi sudah ditampilkan kembali dan siap untuk digunakan kembali.



Selamat mencoba.....

0 komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Galaxy-Zone 7 © 2008. Design by :Templates Sponsored by: Tuto Comment
x

join to my fans at facebook